Senin, 20 Mei 2013

My School [私の学校]、My Experience [私の経験]、My Victory [私の勝 ち]。

Hai Minasan!
saya Rivaldi dari SMK 53 Jakarta ( sudah lulus )
pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai sekolah yang pernah saya jajakan hingga saat ini, kalau orang dulu bilang bangku sekolah yang pernah dimakan (nah lo?) tentunya saya adalah tipikal anak negara lho, #mengapa? karena semenjak SD (saya tidak tamat TK, karena teman TK saya menyebalkan, akhirnya saya keluar deh #alesan) ya semenjak SD hingga sekarang saya sekolah di disalah satu wilayah di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkepemilikan Negara, alias Negeri lah ( SD Negeri, SMP Negeri dan SMK Negeri ) yah seperti kita sudah ketahui, menurut manusia Indonesia Abad 21 ini, dimana-mana paling puas dengan yang namanya #Negeri。#kokgitusihkak? ya begitu. dilihat dari yang paling kecil deh, ada yang namanya Ayam Negeri, Telor Ayam Negeri, Sekolah Negeri, Universitas Negeri dan yang paling mutlak "Pegawai Negeri" #pakeSipil dan banyak lagi yang Negeri, termasuk Indonesia Negeri eYang Subur ( ngga nyambung ) pastinya dibutuhkan dan diperebutin deh nama-nama yang diatas, contohnya Pegawai Negeri Sipil atau kalo singkatannya mah PNS, fakta nya setiap tahun lembaga negara yang membuka pendaftaran Calon PNS ( dari mulai lulusan SMK hingga Strata ) peminat nya Jutaan pendaftar ( saya juga sih kemarin, hehe di BMKG ) untuk lulusan SMK dan S1 aja Gaji utama nya itu kisaran 2 sampai 3 Juta, tapi Tunjangaaaaaannnnyaaaaa #gapakeWOW. berangkat jam 8 pulang jam 4. enak kan? BELUM TENTU!!! ga semua orang kok mau jadi PNS, masih banyak profesi luar biasa di luar sana yang berada diluar pikiran kita yang masih bisa kita raih, iya kan? IYA!!. lah kok jadi ngomongin PNS? ok sampai dimana tadi? #Next lah

Mau tau kelanjutannya? dimana SD saya? bagaimana masa SMP saya? serta dimana dan sekolah seperti apasih SMK Negeri 53 Jakarta? #Next

① "bersekolah di Sekolah Dasar Negeri"
pada awalnya sekolah di salah satu SD Negeri di Jakarta Selatan hingga kelas 4. karena pindah rumah ke Depok, jadi dipindahin deh sama ortu ke salah satu SD Negeri di Depok, padahal ngga setuju, ya mau bagaimana lagi. 
jadi 4 tahun di jakarta + 2 tahun di depok = tetep 6 tahun SD nyaaaa #Next

② "Makan bangku SMP di SMP Negeri"
masa SMP saya tidak menyenangkan lho, banyak Bullying disana, saya salah satu korbannya tuh, yah biasa lah anak SMP. mengapa saya bilang makan bangku? itu adalah arti sebenernya tau ( kalo dalam pelajaran bahasa indonesia , makna sebenarnya = Denotasi #gaNanya ) waktu kelas 9 berantem sama temen sampai dilempar bangku sama tuh manusia -_- udah gitu mereka keroyokan, curang ., mau tau gara-garanya? gara-gara saya nyanyi pake Bahasa Jepang, terus pada kagak suka. sampai segitunya ya? ckck #curhat tapi menurut saya semua itu adalah proses menuju kedewasaan ( masih lucu tapi :3) udah ah #Next yo! 

③ Mengais ilmu di Sekolah Luar Biasa ( katanya SMK? )
ya semboyan sekolah itu adalah :

Guru   : SMK !!!
Siswa : Bisa!!!
Guru   : 53!!!
Siswa  : Luar Biasa!!!

( nah kan? berarti 53 Sekolah Luar Biasa kan? hehe, siapa dulu dong siswanya!)

SMK Negeri 53 Jakarta ( Esemka negeri lima puluh tiga Jakarta )
kelompok Teknologi dan Rekayasa. sebutan gahol sekolah ini tuh STM 1 DKI 715 ( masuk jam 7 pulang jam 3 #katanya )


•Gedung Mangga Besar 



*Gedung Cengkareng

bersekolah disekolah ini bagi saya mempunyai makna " Dari kecemplung menjadi beruntung" ngga ada bayangan      sama sekali dulu mau sekolah disana, malah waktu hari pertama disekolah itu, bagaikan di LP cipinang, semua rambut harus botak. kalo siswi gimana kak? ngga botak lah, karena angkatan saya waktu itu siswi nya cuma 2, udah cuma 2, yang satu keluar pula, jadi tinggal berapa? oke kita hitung 2 - 1 = 1. jawabannya 1 ( satu ) siswi. siapa nama nya ? Siti Nurlela, ialah srikandi angkatan kita ( #tepuktangan *prokprokprok ) jadi kalo guru manggil angkat kita cukup mudah lho, seperti ini : 

kalimat biasa :
 "kepada siswa dan siswi SMK53 blablabla...."

kalo buat angkatan kita :
"kepada SISWA dan SITI SMK53 blablabla...."( hebat kan? simpel, mudah dan ngga repot punya 1 siswi di 1 angkatan )

oke, sampai dimana kita? #Siti. yasudah #Next ya

• Di SMK53 ngambil Jurusan apa kak?

dari tadi saya belum bilang program kejuruan saya ya? ya program kejuruan saya adalah Teknik Elektronika dengan kompetensi keahlian Teknik Audio Video. belajar nya itu banyak deh, dari mulai resistor hingga transformer ( hayo transformer aja kita pelajarin kan? ) 

• Belajar nya Teknik doang kak? jadi pelajaran lain ngga bisa kak?

itu salah! SMK Bisa! pelajaran di SMK 53 seperti halnya dengan sekolah sederajat lainnya. bahkan pelajaran Bahasa Jepang yang hanya dipelajari 1 tahun membuat saya memenangkan 3 Kejuaraan Bahasa Jepang sekaligus #hehePamer dan juga pelajaran kewirausahaan yang ga dipentingin di  sekolah ini pun tim lomba kewirausahaan SMK 53 ( 4 siswa termasuk saya lho ) bisa menjadi Juara 1 Kompetisi Kewirausahaan tingkat provinsi DKI Jakarta, hebat kan? #pamerLagi tapi benar itulah yang membedakan siswa STM dengan siswa sekolah lainnya!

• Ini dia bentuk prestasi yang telah saya berikan dengan membawa nama sekolah tercinta dalam persaingan di kejuaraan.

1. Juara Harapan 1 Lomba Kanji Bahasa Jepang ( 漢字コンテスト ) SLTA tingkat provinsi DKI Jakarta thn. 2012
( diikuti oleh 323 peserta )

2. Juara 3 Lomba Pidato Bahasa Jepang ( 日本語弁論大会 ) SLTA tingkat wilayah Jabodetabek thn. 2012
( Juara 1-4. juara 3 adalah satu-satunya peserta SMK yang lolos 4 besar )

3. Juara 1 Lomba Apresiasi Bahasa Jepang ( 文化祭 ) SMK tingkat wilayah Jabodetabek thn. 2012
( pertama kalinya Juara 1 adalah 
siswa STM )



4. Juara 1 Lomba Kewirausahaan tingkat provinsi DKI Jakarta thn. 2012


ada lagi nih, SMK 53 punya andalan yang paling ampuh, yaitu Tari Saman. biasanya kalau liat di sekolah lain, saman yang nari siswa/siswi? siswi kan. tapi kalo di 53 yang nari siswi berarti Siti doang dong? semua penari nya adalah laki-laki! dan saya adalah anggota nya satu-satunya di Jakarta, dan udah sering dipanggil dalam acara-acara besar, salah satunya di LKS Nasional, didepan pak gubernur, didepan pak walikota dan mengikuti ajang lomba saman se jabodetabek setiap tahunnya di TMII, alhamdulillah udah menang 2 kali Juara Favorit!! 

berarti daftar prestasi nya ada lagi

5. Juara Favorit Lomba Tari Saman Ratoh Duo Thn 2010 ( Saya belum ikut waktu itu )

6. Juara Favorit Lomba Tari Saman Ratoh Jaro Thn 2013 ( saya ikut lho )



kok siswa SMK Teknik memenangkan lomba Bahasa Jepang? kok siswa STM ikut tari saman? bukannya lomba Teknik? karena setiap orang memiliki keahlian dan kesanggupannya di bidang nya masing-masing. selama saya di SMK 53 saya sadar bahwa "tidak ada hal yang bisa dikejar selain yang ingin kita kejar"

Hai Minasan、kita tentu tau peribahasa "Bagaikan ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk pula kan? Bagaimana pertemanan saya di SMK 53? ok itulah yang akan dibahas di #Next nya

saya berada di kelas Teknik Audio Video 1. dan uniknya dari kelas 10 hingga kelas 12 satu kelas terus lho sama mereka-mereka, dari mulai seru,sepi,bosan sampe eneg bersama mereka. 



tapi merekalah teman terbaik saya, tiada yang lebih baik dari mereka. di STM tidak ada istilah individualisme, bagi mereka yang seperti itu, takkan bertahan lama, karena hanyalah solidaritas lah yang diperlukan untuk tetap bertahan ( bertahan dari apa ya ? ) eh saya waktu kelas 11 ikut pemilihan ketua OSIS, dan hasil pemilu menunjukan saya menjadi Wakil Ketua OSIS, harus tetap elegan dan friendly! 
sekolah disana sangat banyak cerita yang terlalu indah untul dilupakan, dari mulai ospek, belajar, PKL, ujian dikeluarin gara-gara ngga punya kartu #haha hingga UN tersisa 26 siswa dikelas. we are the best lah
simple kok, walaupun OSIS saya tetap bisa berprestasi bukan? saya berteman di kelas dengan sangat baik kan? tidak ada yang tidak mungkin.

hingga kita lulus



bagaimana dengan guru nya?


rasanya setelah lulus dari sana lagu "Hymne Guru" selalu ingin kunyanyikan" gurunya sangat friendly dengan siswa, hehe malah hampir ngga ada istilah "ngga ngerjain PR dihukum" ( emang nya anak SMA? )

manusia hidup di dunia ini demi mendapatkan sebuah mimpi. hanya dengan mempunyai mimpi, kita mempunyai tujuan hidup. dan ingat, untuk bermimpi saja ada syaratnya kan? yaitu tidur terlebih dahulu? ( nah lho, bukan mimpi yang itu! ) yah intinya janganlah persulit hidup kita, nikmati apa yang kita punyai sekarang. dan berbanggalah menjadi diri kita sendiri. Never give up! happy!

Dan ini dia beberapa kata terakhir yang patut saya ucapkan di akhir tulisan ini 

[一]"wish all the best for our successful!"

[二]"Never give up!ganbarimashou!"

[三]"You never walk alone, they are in your behind, support you."

[四]"Do the best in your life as                 long as you can"

[五]Jikalau ada sumur diladang.
           boleh kita menumpang mandi.
           Bila ada umur panjang.
           Bolehlah kita berjumpa lagi.

Hai Minasan! terimakasih telah membaca artikel ini ditunggu komentar atau kritik yang membangun nya yah ! #ngarep

•いけんのためにありがとうございました。

•thanks for your attention.

•karena perhatian nya, saya ucapkan terimakasih.

#RivaldiDariSMK53Jakarta



           








1 komentar:

  1. hehe diceritain ama Fahmi-Sensei tentang kakak, eh nyari blognya ketemu juga haha.. btw keren ceritanya kak, memotivasi banget ... SMK! BISA ! 53! LUAR BIASA

    BalasHapus